Dera Novitri; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN KONSENTRASI URINE TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE- NURSERY


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan macam urine hewan dan konsentrasi urine hewan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Kali Kuning, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan April hingga Juni 2020.
Percobaan menggunakan rancangan percobaan faktorial dengan aras nol atau kontrol terpisah. Faktor pertama adalah macam jenis urine hewan yang terdiri dari 3 aras (urine sapi, urine kambing, dan urine kelinci). Faktor kedua adalah konsentrasi urine hewan yang terdiri dari 3 aras, (20 % atau 1/5 bagian, 40 % atau 2/5 bagian, dan 60 % atau 3/5 bagian). Kontrol tidak termasuk dalam kombinasi perlakuan. Jumlah bibit yang digunakan untuk percobaan adalah (3 x 3) + 1 = 10 bibit. Jika setiap perlakuannya menggunakan 5 kali ulangan, maka jumlah satuan percobaannnya yaitu 10 x 5 = 50. Data dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5 %.
Pemberian macam urine hewan dan konsentrasi urine hewan tidak berinteraksi nyata terhadap seluruh parameter yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tajuk, berat kering akar, panjang akar, volume tanaman dan diameter batang. Pemberian macam urine hewan tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter. Pemberian konsentrasi urine hewan tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter. Pemberian perlakuan (macam urine hewan dan konsentrasi urine hewan) dan kontrol memberikan pertumbuhan berbeda nyata pada parameter tinggi tanaman, volume tanaman dan diameter batang.

Kata kunci : macam urine hewan, konsentrasi urine hewan, bibit kelapa
sawit Pre- Nursery.

LOADING LIST...
novitridera@gmail.com
Dera Novitri - Personal Name
Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP (P) - Personal Name
Dr. Sri Suryanti, SP., MSc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...