Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK UREA DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM PADA PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juni 2020. Penelitian bertujuan mengetahui ada tidaknya interaksi antara dosis pupuk urea dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery, mengetahui dosis pupuk urea yang terbaik bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery, dan mengetahui komposisi media tanam yang terbaik bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.
Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan faktor pertama yaitu, Dosis Pupuk Urea dan faktor kedua yaitu, komposisi Media Tanam. Faktor I adalah Dosis Pupuk Urea yang terdiri dari 3 aras yaitu : Tanpa Pupuk/Kontrol, 2 gram/liter, 3 gram/liter. Sedangkan Faktor II adalah Komposisi Media Tanam yang terdiri dari 3 aras yaitu: Kontrol ( Regosol ), ( Regosol : pupuk kandang kambing ) 1 : 1, ( Regosol : pupuk kandang kambing ) 2 : 1. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang di perlukan untuk percobaan adalah 5 × 9 = 45 bibit. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (Analysis Of Variance) pada parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit yang diamati adalah tinggi bibit, jumlah daun, luas daun, berat basah bibit, berat kering bibit, berat basah akar, berat kering akar, dan diameter batang nyata 5% Apabila ada beda nyata antar perlakuan diuji lanjut Uji Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi yang nyata antara perlakuan dosis pupuk urea dan macam media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan dosis pupuk urea memberikan pengaruh sama dengan kompos terhadap semua parameter. Perlakuan komposisi media tanam memberikan pengaruh sama dengan kompos (tanpa kompos) terhadap semua parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nusery.
LOADING LIST...
ridhoalhaqqi@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP. (P) - Personal Name
RIDHO AL HAQQI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...