Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VEGETASI GULMA PADA LAHAN GAMBUT DAN LAHAN MINERAL DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. TEGUHKARSA WANALESTARI PROVINSI RIAU


Penelitian bertujuan untuk mengetahui komposisi gulma yang ada di lahan gambut dan lahan mineral yang ada di kebun kelapa sawit dan juga untuk mengetahui jenis gulma yang dominan baik di lahan mineral maupun di lahan gambut. Penelitian ini dilakukan di PT. Teguhkarsa Wanalestari Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.
Metode penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dengan melakukan analisis vegetasi dan pemilihan blok yang pertumbuhan gulmanya merata sehingga menggunakan metode kuadrat.
Komposisi gulma yang ada di lahan gambut berdasarkan daur hidup terdapat 3 jenis gulma tahunan dengan nilai SDR 73% dan 2 jenis gulma semusim dengan nilai SDR 27%. Komposisi gulma yang ada di lahan gambut berdasarkan morfologi terdapat 3 jenis gulma pakuan dengan nilai SDR 73%dan 2 jenis gulma daun lebar dengan nilai SDR 27%.Komposisi gulma yang ada di lahan mineral berdasarkan daur hidup terdapat 4 jenis gulma tahunan dengan nilai SDR 36% dan 7 jenis gulma semusim dengan nilai SDR 64%.Komposisi gulma yang ada di lahan mineral berdasarkan morfologi terdapat 4 jenis gulma rumputan dengan nilai SDR 47%, 6 jenis gulma daun lebar dengan nilai SDR 52% dan 1 jenis gulma tekian dengan nilai SDR 1%.Di lahan mineral maupun di lahan gambut tidak terdapat jenis gulma dominan. Di lahan mineral didominasi oleh gulma semusim sedang di lahan gambut didominasi oleh gulma tahunan.Komunitas gulma antara lahan mineral dan lahan gambut berbeda.

LOADING LIST...
anto.trinoviantonugroho@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...