Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH BUAH DAN SAYUR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi POC (Pupuk Organik Cair), kompos padat dari limbah buah dan sayur, serta pupuk anorganik terhadap pembibitan kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP 2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Tempelsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai bulan Februari 2020.
Penelitian ini merupakan percobaan faktor tunggal yang disusun dengan rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) yaitu konsentrasi pupuk organik cair dari limbah buah dan sayur yang terdiri dari 8 perlakuan yaitu: pupuk anorganik, kompos padat, konsentrasi 15%, 25%, 35%, 45%, 55%, 65% . Data hasil pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analysis of variance (anova) pada jenjang nyata 5%, dan perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Duncan Multiple Range Test ( DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk oganik cair konsentrasi 45% dan kompos padat memberikan hasil yang terbaik terhadap berat segar bibit dan berat kering bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk organik cair konsentrasi 35% memberikan hasil yang terbaik terhadap diameter batang dan volume akar bibit kelapa sawit di pre nursery . Pemberian kompos padat dan pupuk organik cair konsentrasi 55% memberikan hasil yang terbaik terhadap klorofil daun bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk organik cair pada berbagai konsentrasi sudah mampu memberikan pertumbuhan yang baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan pre nursery .

Kata kunci : kelapa sawit, pre nursery, pupuk organik cair, konsentrasi.


LOADING LIST...
yanmartinsitopu@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...