Ir. Sri Manu Rohmiyati, M.Sc. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENINGKATAN KAPASITAS TANAH PASIR PANTAI SEBAGAI MEDIA TANAM DENGAN PENAMBAHAN BAHAN ORGANIK DAN LEMPUNG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada tanah pasir pantai sebagai media tanam dengan penambahan bahan organik dan lempung. Telah dilakukan pada bulan April sampai bulan Juli 2020 di KP2 Institut Pertanian Stiper yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari faktor tunggal, yaitu perbandingan volume antara tanah pasir pantai : bahan organik, : lempung yang terdiri dari 6 perlakuan, yaitu pasir pantai, lempung, pasir pantai + lempung, pasir pantai + bahan organik + lempung, pasir pantai + bahan organik, dan bahan organik + lempung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam atau Analysis Of Variance (ANOVA) pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Duncans Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanah pasir pantai dapat dimanfaatkan sebagai media tanam yang lebih baik dengan penambahan lempung atau pupuk hijau atau keduanya untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
arivaluda77@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...