Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RANCANG BANGUN ALAT WATER TREATMENT MENGGUNAKAN METODE ELEKTROKOAGULASI BERSUMBER ENERGI SURYA


Elektrokoagulasi merupakan proses koagulasi atau penggumpalan dengan tenaga listrik melalui proses elektrolisa untuk mengurangi atau menurunkan ion-ion logam dan partikel-partikel di dalam air. Prinsip dasar dari elektrokoagulasi ini merupakan reaksi reduksi dan oksidasi (redoks). Dalam suatu sel elektrokoagulasi, peristiwa oksidasi terjadi di elektroda (+) yaitu anoda dan sekaligus berfungsi sebagai koagulan, sedangkan reduksi dan pengendapan terjadi di elektroda (-) yaitu katoda. Yang terlibat reaksi dalam elektrokoagulasi selain elektroda adalah air yang diolah yang berfungsi sebagai larutan elektrolit. Untuk proses elektrokoagulasi digunakan elektroda yang dibuat dari aluminium (Al), Besi (Fe) Seng (Zn) karena logam ini mempunyai sifat sebagai koagulan yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengkaji penjernihan air selokan Mataram menggunakan metode elektrokoagulasi bersumber energi surya. (2) Mengkaji proses penjernihan air selokan Mataram pada menit berapa sudah mengalami perubahan. (3) Mengkaji elektroda mana yang lebih baik antara Aluminium (Al), Besi (Fe), dan Seng (Zn) saat menggunakan alat yang dirancang.
Hasil penelitian diperoleh : (1) Hasil pengujian air menggunakan alat yang dirancang dengan metode elektrokoagulasi bersumber energi surya sangat efektif dan baik, karena dapat menurunkan kualitas air yang digunakan sebagai sampel pengujian hingga dibawah batas minimal standar. (2) Proses penjernihan air selokan Mataram pada menit ke 30 dan 60 sudah dapat membuat hasil yang cukup signifikan, atau perubahan dalam proses penjernihan air, dikarenakan pada menit itu mampu mencapai batas standar yang telah ditentukan oleh menteri kesehatan 2010 yang ada pada tabel 1.1. (3) Elektroda yang efektitif digunakan untuk proses elektrokoagulasi pada alat water treatment yang dirancang adalah elektroda Aluminium (Al) dilihat dari hasil pengujian dan memenuhi standar kualitas air dengan selisih pada menit 30 da 60.

Kata kunci : Elektrokoagulasi, elektroda, air, panel surya, parameter TDS, pH, TSS, Turbidity.

LOADING LIST...
rikyabdul17@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, M.P - Personal Name
RIKY ABDUL RAMDANI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...