Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

(BEBAS PERPUS) PEMURNIAN MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN ARANG AKTIF CANGKANG KELAPA SAWIT DAN DAC (Decolorized Activated Carbon) SEBAGAI ADSORBEN


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh jenis dan konsentrasi arang aktif terhadap karakteristik minyak jelantah serta menentukan jenis dan konsentrasi arang aktif yang mampu menghasilkan minyak dengan angka peroksida paling rendah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan blok lengkap (RBL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor I yaitu jenis arang aktif (A) terdiri dari A1 PKSAC (Palm Kernel Shell Activated Carbon) dan A2 DAC (Decolorized Activated Carbon). Faktor II yaitu konsentrasi arang aktif (B) terdiri dari B1 1,5%; B2 2%; dan B3 2,5%. Sebelum dan sesudah pemurnian minyak jelantah dianalisis meliputi total perbedaan warna, kadar asam lemak bebas, kadar air, angka peroksida, angka penyabunan, dan bilangan iod. Data yang diperoleh diuji keragamannya dan dilanjutkan dengan uji Duncan apabila ditemukan adanya beda nyata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jenis arang aktif PKSAC dan DAC berpengaruh terhadap perbedaan warna, kadar asam lemak bebas, angka peroksida dan angka penyabunan, namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, angka penyabunan, dan bilangan iod. Konsentrasi arang aktif 2,5% mampu menghasilkan total perbedaan warna, kadar asam lemak bebas, angka peroksida, dan bilangan iod yang lebih kecil dibandingkan 2% dan 1,5%. Jenis arang aktif DAC mampu menghasilkan angka peroksida lebih rendah dibandingkan dengan PKSAC sebesar 89,82 mek O2/100g minyak, angka peroksida minyak jelantah sebelum perlakuan sebesar 163,47 mek O2/100g minyak. Konsentrasi arang aktif 2,5% mampu menghasilkan angka peroksida lebih rendah jika dibandingkan 2% dan 1,5% sebesar 68,56 mek O2/100g minyak.
LOADING LIST...
chrisatyanugraha@gmail.com
Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P) - Personal Name
Ir. Sunardi M.Si - Personal Name
Chrisatya Nugraha Tamanampo - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...