RIYANSYAH; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIN KINERJA TRANSPORTASI TBS DI KEBUN PETANI DI KECAMATAN BANDAR PETALANGAN


KAJIAN KINERJA TRANSPORTASI TBS DI KEBUN PETANI DI KECAMATAN BANDAR PETALANGAN
Riyansyah[1],
Ir. Priyambada, MP[2], Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng[2]

Mahasiswa[1], Dosen Pembimbing[2]
Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

INTISARI

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau menggunakan aplikasi A-GPS tracker, karena kurang efesiennya waktu, jarak, tenaga dan bahan bakar yang digunakan dan dibutuhkan saat melakukan pengambilan TBS kelahan petani, hal tersebut tanpa disadari mengakibatkan kerugian pada toke (pengepul).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data pada penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung pada saat penelitian. Data primer diperoleh dengan melakukan survei terlebih dahulu pada objek yang akan diteliti.
Berdasarkan 2 armada angkut dump truck dan L300 (pickup) didapatkan biaya tetap dan tidak tetap, pada armada dump truck memiliki total biaya angkut keseluruhan sebesar Rp. 159,58/kg sedangkan pada L300 (pickup) sebesar Rp. 197,41/kg. Pengangkutan menggunakan armada dump truck biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan armada L300 (pickup). Dapat dilihat dari total keseluruhan biaya tetap maupun biaya tidak tetap armada dump truck lebih sedikit mengeluarkan biaya dibandingkan L300 (pickup).
Hasil penelitian menujukkan bahwa efesiennya pengakutan itu berpengaruh terhadap akses jalan yang bagus (tidak berlumpur akibat hujan). Kecamatan Bandar Petalangan memiliki jenis tanah berpasir dan tanah liat sedang.

Kata kunci : A-GPS Tracker, Pengangkutan, dump truck dan L300 (pickup).

LOADING LIST...
riyansyah21071998@gmail.com
RIYANSYAH - Personal Name
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...