Dr. Maria Ulfah, STP, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PRESENTASE TINGKAT KEMASAKAN TANDAN BUAH SEGAR TERHADAP KEHILANGAN MINYAK DI KONDENSAT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kemasakan buah terhadap OWM (Oil Wet Matter), OON (Oil On NOS), ODM (Oil Dry Matter), NOS (Non Oil Solid), dan Moist dan konsistensi Oil Losses pada proses perebusan tandan buah segar kelapa sawit (TBS).
Penelitian ini dilakukan berdasarkan data sekunder antara bulan Agustus s.d. Oktober 2017. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Statistical Process Control (SPC) dengan bantuan peta kendali untuk mengetahui proses berada dalam pengendalian statistikal atau tidak dan kapabilitas proses. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kematangan buah dengan parameter kehilangan minyak di kondensat dianalisis menggunakan diagram tebar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua parameter kehilangan minyak pada stasiun perebusan dalam keadaan stabil, kecuali pada Oil On NOS. Kapabilitas proses (CP) yang terbaik adalah pada parameter Moist karena mencapai 5,81, sedangkan untuk parameter lain masih kurang mampu. Tandan buah segar (TBS) lewat matang memiliki korelasi positif dengan kehilangan minyak pada proses perebusan, namun TBS mengkal dan matang tidak memiliki korelasi dengan kehilangan minyak di kondensat.
LOADING LIST...
risange3@gmail.com
Dr. Maria Ulfah, STP, MP (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, MSi - Personal Name
RISANG EZA WIRA SUSILA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAARTA
LOADING LIST...