Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK BIOFISIK LAHAN GAMBUT TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT


Kebutuhan buah kelapa sawit meningkat tajam seiring meningkatnya kebutuhan CPO dunia. Perluasan lahan kelapa sawit pada lahan marjinal seperti lahan gambut, Lahan gambut merupakan lahan yang potensial untuk tanaman kelapa sawit. Budidaya kelapa sawit pada lahan gambut selalu melibatkan pengelolaan tata air, pemadatan tanah, dan pemupukan. Pengelolaan tata air yang buruk akan berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan produksi. Level air yang terlalu rendah akan meningkatkan laju subsiden dan resiko kecelakaan kebakaran gambut. Drainase yang buruk akan menyebabkan kondisi kering tak balik (irreversible).
Penelitian ini memiliki tujuan medeteksi keberadaan lapisan pirit, menganalisa karakteristik fisik kebun kelapa sawit dilahan gambut berupa : sifat fisik, iklim, Mengkaji hubungan antara karakteristik fisik (biofisik) lahan gambut terhadap produktivitas kelapa sawit. Metode dalam penelitian kali ini yaitu survei lokasi lalu pengambilan sampel pada lapangan selanjutnya menganalisis sampel di laboratorium.
Dari hasil analisis data menunjukan bahwa dari empat blok sampel tersebut tidak menunjukan adanya lapisan pirit baik dari berbagai kedalaman yang telah di uji. Didapatkan kadar lengas maksimum tertinggi pada blok E 51 A sebesar 342,360 % dan yang terendah pada blok B 54 A sebesar 248,908% , pada porositas tertinggi terdapat pada blok A 55 A sebesar 50,937 %, dan terendah pada blok C 56 B sebesar 40,837 %, pada laju subsiden tertinggi pada blok E 51 A sebesar 31,5 cm dan terendah pada blok A 55 A dan B 54 A sebesar 7 cm. Tingkat kematangan gambut pada blok sampel yaitu saprik, sedangkan kedalaman gambut tergolong gambut sedang pada blok B 54 A dan gambut dalam pada blok A 55 A, C 56 B, dan E 51 A, kadar C organik tertinggi pada blok C 56 B sebesar 56,155% dan terendah pada blok B 54 A sebesar 51,729% . Curah hujan dari tahun 2015-2019 berkisar antara 2200-3300 mm/tahun.

LOADING LIST...
sujadmiko097@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...