Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PAKAN DAN TINGKAH LAKU MAKAN GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatrensis) DI PUSAT LATIHAN GAJAH (PLG) TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, KECAMATAN LABUHAN RATU, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR, LAMPUNG


Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) merupakan spesies dari kelas mamalia. Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifikasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinga nya besar dan melebar. Di habitat aslinya gajah memakan berbagai jenis bagian dari pohon seperti kulit, ranting, daun, bunga dan buah, juga tumbuhan perdu dan rumput. Makanan gajah pada umumnya berasal dari bagian-bagian tumbuhan seperti daun, cabang, kulit batang dan buah. Daun-daunan segar dan inti batang pisang merupakan makanan yang paling digemari gajah, terutama di musim kemarau.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis pakan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) dan mengetahui tingkah laku makan sehari-hari Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Lampung Parameter yang diamati meliputi jumlah, keliling, diameter, dan tinggi suatu tumbuhan serta lama waktu makan untuk gajah.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat semai tumbuhan yang sering dimakan gajah adalah Kedelaian (Colopogonium sp.) dan Ilalang (Imperata cylindrica). Untuk tingkat sapihan tumbuhan yang sering dimakan gajah adalah Kelandri (Bridelia monoica) dan Senggani (Melastoma). Untuk tingkat tiang tumbuhan yang sering dimakan gajah yaitu Berasan (Symplocos thwaitesii) dan Laban (Vitex pinnata). Untuk tingkat pohon tumbuhan yang sering dimakan gajah yaitu Laban (Vitex pinnata) dan Rengas (Gluta renghas). INP pada tumbuhan bawah dan semai tertinggi senilai 30,9% dan terendah) senilai 1,6%. Pada sapihan tertinggi senilai 86,15% dan terendah senilai 6,78%. INP pada tiang tertinggi senilai 81,32% dan terendah senilai 5,41%. INP pada pohon tertinggi senilai 90,98% dan terendah senilai 6,61%.
Kata kunci : Gajah Sumatera, Pakan, Tingkah Laku

LOADING LIST...
dianevifani86@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
EVIFANI ALMA DIAN ELINDAWATI - Personal Name
Dr. Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...