Ir. Eka Suhartanto, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN BIOCHAR CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI MEDIA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT TAHAP PRE-NURSERY


ABSTRAK

Aplikasi Biochar cangkang kelapa sawit yang mempunyai bahan padat kaya karbon merupakan pembenah tanah mampu meningkatkan kapasitas menahan air, mengurangi Run-Off , pencucian hara dan, meretensi hara, mangurangi gas emisi rumah kaca dan mengikat CO2 di udara dimana kadar karbon yang dikandung Biochar bertahan dengan jangka waktu yang lama didalam tanah tidak melepaskan emisi gas buang.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik-kimia tanah dan mengukur parameter pertumbuhan tanaman pembibitan kelapa sawit tahap Pre-Nursery dengan campuran Biochar cangkang kelapa sawit. Penelitian dilakukan dengan variasi dosis pemberian Biochar cangkang kelapa sawit per-Polybag, pada sampel A 200 gram, B 350 gram, C 100 gram, sebagai media pembibitan yang dicampur dengan tanah Regosol.
Hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan pemberian dosis 350 gram pada sampel B pada sifat fisik-kimia tanah dapat menurunkan Berat Volume tanah, meningkatkan Porositas tanah, Kadar Lengas Maksimum tanah, Kadar C, dan kadar N didalam tanah secara signifikan. Pada tinggi tanaman dan diameter batang tidak berpengaruh secara signifikan dan untuk jumlah daun keseluruhan yaitu 4 helai daun dengan kurun waktu 3 bulan.

Kata kunci: Biochar, Cangkang kelapa sawit, Regosol, Porositas, Pre-Nursery

LOADING LIST...
fahmialhafizd18282@gmail.com
Ir. Eka Suhartanto, M.Si - Personal Name
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP(P) - Personal Name
Fahmi Al Hafizd - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...