Ir. H. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA DIAMETER TAJUK DENGAN TINGGI POHON DENGAN MENGGUNAKAN DRONE DI RPH MULO, BDH PALIYAN, BALAI KPH YOGYAKARTA


Tanaman Jati Unggul Nusantara (JUN) merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai jual yang tinggi dan peminat pasar yang tinggi pula. Namun hal ini tidak sebanding dengan pertambahan luasan areal dan pertumbuhan tanaman di areal. Berdasarkan masalah tersebut, KPH perlu mencari solusi agar produksi tanaman tetap berlangsung dengan baik, sehingga untuk melakukan monitoring tanaman Jati Unggul Nusantara (JUN) yang luas tersebut, dibutuhkan suatu inovasi teknologi yang interprestasinya lebih murah dibandingkan dengan biaya perjalanan dan data lebih cepat diperoleh. Salah satu contohnya yaitu cara akuisisi data spasil di lokasi penanaman Jati Unggul Nusantara (JUN) dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone).
Penelitian ini dilakukan di PT. Surya Silva Mataram RPH Mulo, BDH Paliyan, Balai KPH Yogyakarta. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan ketepatan model regresi dengan menggunakan dua parameter yang diamati yaitu diameter tajuk dari hasil foto udara dengan drone dan tinggi pohon di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya nilai korelasi sebesar 0, 687 atau R2 = 68,7% antara diameter tajuk dari foto dengan tinggi pohon di lapangan. Nilai dari persamaan tegresi adalah Y=4,09+2,96X.

LOADING LIST...
bobyradjah@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...