Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN PENAHAN TBS DAN BRONDOOLAN UNTUK MENCEGAH JATUHNYA TBS DAN BRONDOLAN PADA SAAT PENGISIAN LORI


Tandan Buah Segar (TBS) merupakan bahan baku pada proses pengolahan minyak kelapa sawit. TBS yang diterima dari kebun akan ditampung pada hopper loading ramp. Sebelum pengisian lori, terlebih dahulu lori kosong dipindahkan ke rail track loading ramp dengan posisi tepat dibawah chute pintu hopper. Saat pintu hopper dibuka TBS dari hopper akan meluncur dan masuk ke lori. Pada proses pengisian lori, semua TBS dan berodolan pada hopper diharapkan dapat masuk ke dalam lori dengan meminimalkan TBS dan brondolan terjatuh.
Dalam penelitian ini bertujuan Merancang dan membuat plat penahan pada pintu hopper untuk meminimalkan TBS dan brondolan terjatuh, Menghitung efektifitas plat penahan dalam mengurangi TBS dan brondolan yang terjatuh, Menganalisa biaya pembuatan dan upah tenga kerja serta menghitung life time plat penahan. Penelitian ini dilakukan dengan mendesain penahan model swing pada sisi depan dengan ukuran tinggi penahan 650 mm, panjang 1500 mm dan penahan pada sisi samping dengan ukuran tinggi penahan 220 mm, panjang 2250 mm.
Pemasangan plat penahan dapat meminimalkan brondolan yang terjatuh dilantai saat pengisian sebesar 96,36% dan TBS sebesar 100%. Perancangan penambahan penahan TBS dan brondolan dengan total biaya material sebesar akan Rp. 7.394.080 akan menghemat biaya kerugian tenaga pekerja untuk menaikan TBS dan brondolan yang terjatuh ke lantai sebesar Rp. 78.600.000 / tahun.

LOADING LIST...
dwikyindra16@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...