Ir. Surodjo Taat Andayani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PERTUMBUHAN AWAL DAN SERANGAN HAMA PADA TANAMAN PENGHIJAUAN DI BUMI PERKEMAHAN TAMAN TUNAS WIGUNA BABARSARI, DESA CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


INTISARI
Program penghijauan sudah lama dilakukan oleh pemerintah Indonesia sejak zaman orde baru yaitu sejak pemerintahan Suharto. Kegiatan Penghijauan oleh Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari bertujuan untuk mengisi lahan kosong dengan menanam berbagai jenis tanaman keras (19 jenis), sehingga tanah atau lahan yang tadinya tidak produktif menjadi lebih produktif dengan adanya vegetasi yang tumbuh di atasnya. Tanaman penghijauan dapat berhasil dan tumbuh dengan baik bila tanaman tersebut tidak terserang hama dan penyakit. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persentase pertumbuhan tanaman, pertambahan diameter, pertambahan tinggi, jumlah daun, jumlah cabang, jenis dan jumlah hama yang menyerang tanaman penghijauan, dan mengetahui tingkat serangan serta persentase kerusakan akibat hama.
Metode yang digunakan adalah dengan cara sensus, dimana semua tanaman yang ada di lapangan didata semuanya berdasarkan parameter yang mau diamati. Parameter yang diamati yaitu jenis tanaman, persentase hidup tanaman, tinggi, diameter, jumlah daun, jumlah cabang, jenis hama, luas serangan hama dan persentase kerusakan tanaman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tanaman penghijauan yang ditanaman memiliki pertumbuhan yang baik dengan persen tumbuh di atas 80 %. untuk diameter, tinggi, jumlah daun dan cabang mengalami penambahan setiap minggu. Pada persentase kerusakan dan luas serangan hama didominasi pada kerusakan yang disebabkan oleh hama belalang dengan Kerusakan yang ditimbulkan yaitu memakan daun-daun tanaman sampai daunnya berlubang tidak beraturan sehingga memiliki kriteria kerusakan berat.
Kata Kunci : Penghijauan, Hama
LOADING LIST...
arnalodji@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...