Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA LAMA WAKTU SIMPAN KERNEL PADA SUHU RUANG TERHADAP KUALITAS MINYAK PALM KERNEL OIL (PKO)


Proses pengeringan pada inti sawit di kernel silo merupakan langkah atau proses untuk mengurangi kandungan air yang terdapat pada inti sawit. Kenaikan dari kadar air inti sawit dan ALB minyak inti sawit lebih banyak terjadi pada saat proses penimbunan. Inti sawit yang akan diolah harus memenuhi standar yang telah di tentukan. Standar ini bertujuan untuk menjaga kualitas pada hasil pengolahannya yaitu PKO (Palm Kernel Oil).
Penelitian yang bertujuan untuk menganalisa perubahan kadar air, kadar minyak pada inti sawit dan FFA minyak inti sawit dan juga untuk mengetahui lama waktu optimum penyimpanan kernel pada suhu ruang dan menganalisis hubungan antara perubahan kadar air terhadap perubahan kandungan kadar minyak dan FFA selama penimbunan di lakukan dengan mengambil inti sawit dari ouput kernel silo, kemudian inti sawit keluaran dari kernel silo dimasukkan ke dalam wadah sebagai tempat penimbunan dan dilakukan proses penimbunan inti sawit selama 20 hari. Analisa dilakukan di laboratorium, setiap hari dilakukan analisa kadar air dan setiap 5 hari sekali dilakukan analisa kadar minyak dan FFA minyak inti sawit.
Hasil penelitian selama 20 hari menunjukkan terjadi kenaikan kadar air, kandungan kadar air akhir 6.75%, penurunan kadar minyak dan diperoleh kandungan kadar minyak akhir 48.39% dan kenaikan FFA diperoleh kandungan FFA akhir 0.55%. Korelasi atau hubungan antara kadar air dengan kadar minyak dinyatakan dengan koefisien korelasi negatif yang kuat, dengan nilai (R) yaitu 0.997 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 99,4%. Korelasi atau hubungan antara FFA dengan kadar minyak dinyatakan dengan koefisien korelasi negatif yang kuat, dengan nilai (R) yaitu 0.946 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 89,4%. Korelasi atau hubungan antara kadar air dengan FFA dinyatakan dengan koefisien korelasi positif yang kuat, dengan nilai (R) yaitu 0.953 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 90,8%.

LOADING LIST...
luqmandewapanji7@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...