Dr. Y. Th. Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE-NURSERY PADA MEDIA TANAH BEKAS TAMBANG DENGAN APLIKASI BAHAN ORGANIK ASAL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian macam dan dosis bahan organik asal perkebunan kelapa sawit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery telah dilaksanakan di PT. Sinar Kencana Inti Perkasa, Desa Suka Maju, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kota Baru, Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Agustus 2019 sampai Juli 2020.
Percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor yaitu macam bahan organik (tandan kosong, solid,pupuk hujau), dan dosis ( 20, 25, 33, dan 50 % volume). Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5 %, dan data yang berbeda dalam perlakuan diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tandan kosong dosis 20 % volume, atau solid dosis 20 % volume, atau pupuk hijau dosis 25 % volume memberikan pengaruh terbaik terhadap petumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
ahmadhaqri@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...