Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

pengaruh macam dan dosis pupuk kandang ayam, sapi dan guano terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery


INTISARI
Penelitian ini dilaksanakan di Institut Pertanian Stiper yang terletak di Desa Kali Kuning, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 20 April sampai dengan 20 July 2019.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Ancak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah, macam pupuk kandang (K) yang terdiri dari K1 yaitu pupuk kandang sapi ; K2 yaitu pupuk kandang ayam, K3 pupuk guano (pupuk kandang kelelawar). Faktor kedua, yaitu dosis pupuk yang terdiri dari D0 (Kontrol / tanpa pupuk kandang) ; D1 yaitu 200 g / polybag ; D2 = 300 g / polybag dan D3 yaitu 400 g / polybag. Jadi kombinasi perlakuan adalah 3 x 4= 12 kombinasi, di ulang 5 kali sehingga semua ada 12 x 5 = 60 bibit. Pada aplikasi kontrol diberikan pupuk anorganik (NPK) dengan dosis 2 g.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara aplikasi macam Pupuk kandang dan dosis Pupuk kandang terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Aplikasi macam Pupuk kandang memberikan pengaruh yang sama baiknya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Aplikasi dosis Pupuk kandang 200 g sudah mencukupi untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.

LOADING LIST...
sugeng.andrea98@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...