Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH POTONG AKAR DAN DOSIS HERBISIDA TRIKLOPIR TERHADAP GULMA FICUS BENJAMINA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari potong akar dan pemberian herbisida garlon terhadap gulma Ficus benjamina pada perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit PT. Satya Kisma Usaha yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas Group yang terletak di Region Jambi, Kebun Sungai Bengkal Estate (SBNE), Desa Betung Bedarah Barat, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi dimulai dari tanggal 03 Maret 2020 sampai 03 April 2020.
Penelitian ini merupakan percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap atau Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang pertama yaitu potong akar yang terdiri dari potong seluruh akar dan potong 1 akar. Faktor yang kedua ialah dosis herbisida triklopir formulasi 25 cc, 50 cc, 100 cc untuk setiap individu gulma.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan potong satu akar dengan dosis 25 cc triklopir formulasi per gulma sudah efektif mengendalikan gulma Ficus benjamina. Karena meskipun menggunakan dosis yang rendah, gulma yang diberikan herbisida akan terus merana artinya gulma tersebut sudah tidak dapat hidup lagi.

Kata kunci: Kelapa Sawit, Ficus benjamina, Herbisida

LOADING LIST...
mafif2006@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...