Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam dan Konsentrasi Pupuk cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam dan konsentrasi pupuk cair serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan di Jl.Nangka IV No 199, Krodan, terletak di Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penilitian dilaksanakan pada awal bulan April sampai Juli 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah macam pupuk cair yang terdiri dari 3 aras yaitu : Pupuk Nasa, Grow quick, dan Bioripah. Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, 2ml/l, 4ml/l dan 6ml/l. Data dianalisis menggunakan sidik ragam apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitihan menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara perlakuan macam pupuk dan konsentrasi pupuk cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Konsentrasi berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dengan konsentrasi terbaik 2ml/l setiap aplikasi. Macam pupuk cair memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
eryantosimbolon11@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...