Ir. Enny Rahayu, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK BIOCHAR DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk biochar dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nurseery. Penelitian ini dilakukan di Krodan, Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta..
Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial. Faktor pertama adalah dosis biochar: kontrol (tanpa biochar), biochar 100%, biochar 50%-top soil 50%, biochar 30%-top soil 70%. Faktor kedua adalah volume penyiraman: 100 ml, 175- ml, 250 ml. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak DMRT (Duncan Multiple Range Test).
Hasil analisis menunjukkan bahwa dosis pupuk biochar 30%-top soil 70% sudah mampu meberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang lebih baik, volume penyiraman 100 ml/bibit memberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang lebih baik dan efisien dan tidak ada interaksi nyata antara perlakuan dosis pupuk biochar dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
muh.salud@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. - Personal Name
Muh. Salud Fanandi - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastutu, MP. (p) - Personal Name
NONE
Text
INSTIER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...