Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIFITAS PEMBUATAN TPH DAN SUSUNAN BUAH BARU PADA PENGANGKUTAN BUAH MENGGUNAKAN BIN SISTEM GRABBER


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model TPH dan susunan buah baru terhadap kinerja crane grabber. Penelitian ini telah dilaksanakan di Perkebunan Kelapa Sawit PT SMART tbk tepatnya berlokasi di Desa Bekalar, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, mulai bulan April 2020.
Penelitian ini dilakukan dengan membandingan prestasi kerja crane grabber menggunakan model TPH lama dan susunan buah lama dengan model TPH baru dan susunan buah baru. Masing-masing perlakuan terdiri dari 4 ulangan dengan sampel percobaan sebanyak 1 kali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu sebagai metode yang memusatkan pada masalah-masalah yang ada pada masa sekarang di mana data yang dikumpulkan mula-mula disusun dan kemudian selanjutnya dianalisa.
Parameter yang diamati berupa Waktu Muat, Waktu Angkut, Waktu Bongkar, Waktu Hilang, Jarak Angkut, Janjang Angkut dan Beban Angkut. Data yang dianalisis Biaya Operasional, Kecepatan Pengangkutan, Biaya Angkut/Km, Biaya Operasi/Route, dan Biaya Angkut/Kg.
Traktor yang menggunakan model TPH baru dan susunan buah baru lebih cepat dalam proses pengangkutan daripada traktor yang menggunakan model TPH lama dan susunan buah lama pada perkebunan kelapa sawit yang berada di Riau.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...