Ir. Neny Andayani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Metode Penyerbukan Terhadap Keberhasilan Pembentukan Dan Kualitas Buah Naga (Hylocereus sp.)


Penelitian ini dilaksanakan di Kebun buah naga milik petani di Desa Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Penelitian ini dimulai pada bulan Januari sampai Februari 2020. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembentukan dan kualitas buah naga dengan penyerbukan dengan bantuan manusia: Penyerbukan sendiri dengan bantuan manusia (P1), penyerbukan silang (P2). Penyerbukan alami : penyerbukan terbuka (P3), penyerbukan sendiri secara alami (P4).
Penelitian dilaksanakan dengan metode percobaan 1 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor yang diujikan adalah metode penyerbukan dengan empat aras percobaan, yaitu penyerbukan dengan bantuan manusia: Penyerbukan sendiri dengan bantuan manusia (P1) dan penyerbukan silang (P2). Penyerbukan alami : penyerbukan terbuka (P3) dan penyerbukan sendiri secara alami (P4), masing masing perlakuan memiliki jumlah 10 ulangan bunga. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan analisis ulangan tidak sama LSD (Least Significance Different) 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode penyerbukan buatan (penyerbukan dengan bantuan manusia dan penyerbukan silang) pada parameter edible portion, berat buah dan diameter buah tidak menunjukan perbedaan yang nyata. Metode penyerbukan secara alami (penyerbukan sendiri secara alami dan penyerbukan terbuka) pada parameter kadar gula buah memberikan hasil yang berbeda nyata.

LOADING LIST...
chandraalramadhan123@gmail.com
Ir. Neny Andayani, MP - Personal Name
Tantri Swandari, S.si, M.Sc (P) - Personal Name
Chandra Al Ramadhan - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...