Ir. Enny Rahayu, M.P (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh beberapa jenis tanah dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis ( Zea mays )


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa jenis tanah dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis, penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan februari - mei 2020
Percobaan dilakukan dengan rancangan faktorial terdiri dari dua faktor yang disusun dalam rancangan acak lengkap. Faktor pertama adalah jenis tanah yang terdiri dari 3 aras yaitu Tanah Regosol, Tanah Gromosol, Tanah Latosol sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 4 aras yaitu Kontrol, 15 gram, 10 gram, 6 gram. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%. Kemudian parameter pengamatan yang saya lakukan adalah tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat kering akar, panjang tongkol, berat tongkol dengan klobot dan berat tongkol tanpa klobot.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis tanah dan pemberian dosis pupuk NPK tidak menunjukkan interaksi nyata pada semua parameter. Pada perlakuan jenis tanah, tanah yang baik atau tanah yang memberikan hasil terbaik untuk laju pertumbuhan tanaman jagung manis ada pada tanah gromosol namun untuk hasil produksi pada semua jenis tanah sama saja. Untuk perlakuan pemberian dosis pupuk NPK, pada dosis 6 gram NPK/tanaman dapat menggantikan pupuk tunggal pada perlakuan kontrol.


Kata kunci: Jenis Tanah, Pupuk NPK, Jagung Manis ( Zea mays )

LOADING LIST...
pandihariansyah461@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...