Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MIKORIZA DAN INTERVAL WAKTU PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI PRE NURSERY


PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MIKORIZA DAN INTERVAL WAKTU PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq.) DI PRE NURSERY

Disusun Oleh :
SEPTIAN BUDI ANTO HUTAURUK
16/18550/BP
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk mikoriza dan interval waktu penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2019.
Penelitian merupakan percobaan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang tersusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yaitu perbandingan dosis pupuk mikoriza yang terdiri dari 4 aras yaitu : 2 gram NPK sebagai kontrol, 10 gram mikoriza, 20 gram mikoriza, 30 gram mikoriza. Sedangkan faktor kedua adalah interval waktu penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu : penyiraman 2 kali 1 hari, penyiraman 1 kali 1 hari, penyiraman 1 kali 2 hari. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan di ulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan Analisis of Variance (sidikragam) pada jenjang nyata 5%. Apabila perbedaan nyata pengujian dilanjutkan dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi nyata antara perlakuan dosis pupuk mikoriza dengan interval waktu penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit. Pemberian dosis pupuk mikoriza 10 gram sudah mampu memberikan pertumbuhan yang sama baiknya dengan dosis 20 gram dan 30 gram. Interval waktu penyiraman 1 x 1 hari mencukupi kebutuhan air pada bibit kelapa sawit di pre nursey.

Kata kunci : mikoriza, interval waktu penyiraman, bibit kelapa sawit,
pre nursey
LOADING LIST...
septianbudi369@gamil.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...