Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Berbagai Konsentrasi Herbisida (Triklopir) dengan Berbagai Bahan Pencampur Untuk Mengendalikan Gulma Berkayu


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi herbisida triklopir dengan menggunakan berbagai macam bahan pencampur terhadap tingkat keracunan gulma berkayu (Melastoma malabathricum). Penelitian ini dilaksanakan di PT. Tapian Nadenggan, salah satu anak perusahaan milik PT. Smart.Tbk yang terletak di Region Kalsel 1, Desa Pantai, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019 sampai November 2019.
Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang terdiri dari dua faktor yang disusun Rancangan Ancak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah konsentrasi herbisida triklopir (T) yang terdiri dari 3 aras yaitu : konsentrasi triklopir 3,75 gram (T1), konsentrasi triklopir 5 gram (T2), konsentrasi triklopir 6,25 gram (T3). Faktor kedua adalah bahan pencampur yang akan digunakan (O) yang terdiri dari 3 aras yaitu : solar (O1), oli bekas (O2), oli baru (O3). Dari kedua faktor diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dibuat 3 ulangan dan sampel yang digunakan adalah 2 sampel. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan variasi konsentrasi triklopir dengan berbagai bahan pencampur tidak berinteraksi nyata terhadap tingkat keracunan Melastoma malabthricum. Aplikasi berbagai bahan pencampur memberikan hasil yang berbeda untuk meracuni Melastoma malabathricum. Aplikasi herbisida b.a triklopir dengan bahan pencampur solar merupakan perlakuan yang paling efektif untuk mengendalikan Melastoma malabathricum dengan rata-rata nilai skor 5,67. Kombinasi perlakuan dengan bahan pencampur oli bekas menunjukan hasil paling efisien tetapi memerlukan waktu lebih lama untuk menimbulkan keracunan Melastoma malabathricum.
LOADING LIST...
Setyowibowofajar@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...