Ir. Ni Made Titiaryanti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI PUPUK N TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI PUPUK N TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY PENGARUH DOSIS DAN CARA APLIKASI PUPUK N TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk N dan cara aplikasi serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan di Desa Tapan, Purwomartini, Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada ketinggian 118 mdpl. Penilitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah dosis pupuk N yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, 0,01 g, 0,02 g, 0,03 g. Faktor kedua adalah cara aplikasi yang terdiri dari 3 macam yaitu : sebar, tugal dan siram. Data dianalisis menggunakan sidik ragam apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara perlakua dosis pupuk N dan cara aplikasi pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis pupuk N berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dengan dosis terbaik 0,02 g setiap aplikasi. Cara aplikasi pupuk sebar, tugal dan siram memberikan pengaruh yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata kunci: Dosis Pupuk N, Cara Aplikasi, Bibit Kelapa Sawit Pre Nursery


LOADING LIST...
Yukohandara9712@gmail.com
Ir. Ni Made Titiaryanti, MP - Personal Name
Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP - Personal Name
Yuko Handara - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...