M. Mujtabah Wahibi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS TANAH DAN DOSIS PUPUK ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN STEK PUCUK Turnera subulata


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis tanah, pengaruh dosis pupuk abu tandan kosong, serta interaksi penggunaan macam jenis tanah dan pupuk abu tandan kosong kelapa sawit terhadap pertumbuhan stek pucuk T. subulata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2020, di wilayah perkebunan kelapa sawit milik PT. Bumipalma Lestaripersada, Perkebunan Bumi Palma yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas yang terletak di Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam jenis tanah, yang terdiri dari 2 aras, yaitu tanah mineral dan tanah gambut. Faktor kedua adalah berbagai dosis pupuk abu tandan kosong kelapa sawit yang terdiri 4 aras, yaitu 0 gram (kontrol), 3 gram, 5 gram, dan 7 gram per polybag dengan interval aplikasi 2 minggu sekali. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 8 kombinasi perlakuan, setiap perlakuan terdiri dari 6 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 tanaman sampel. Sehingga jumlah tanaman yang diperlukan 8 x 6 = 48 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi nyata antara kombinasi jenis tanah dan dosis pupuk abu tandan kosong pada salah satu parameter pengamatan, yaitu diameter batang dengan perlakuan terbaik yakni kombinasi tanah jenis mineral dan dosis pupuk abu tandan kosong 3 gram. Sedangkan untuk pertumbuhan bibit stek T. subulata pada media tanah mineral lebih baik daripada tanah gambut. Secara keseluruhan aplikasi abu tandan kosong dosis 3 gram per polybag menghasilkan pertumbuhan bibit stek Turnera subulata yang lebih baik dibanding dosis 0, 5, dan 7 gram per polybag.

LOADING LIST...
wahibimuhammad@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
LOADING LIST...