Ir. Neny Andayani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh pemberian pupuk organik cair (POC) limbah sayuran dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil sawi hijau


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair, mengetahui respon pertumbuhan dan hasil, dan mengetahui interaksi pemberian pupuk organik cair yang baik serta mengetahui interaksi antara perlakuan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Penelitian ini dilakukan di KP2 Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Maret 2020.
Penelitian menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial. Faktor pertama adalah konsentrasi Pupuk Organik Cair terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (NPK), 25%, 50%, 75% dalam 1 liter air. Faktor kedua adalah jenis tanah terdiri dari 2 aras yaitu tanah Regosol dan Latosol. Penelitian ini dilakukan dengan 10 kali ulangan, hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan adanya interaksi nyata perlakuan media tanam dengan pemberian POC limbah sayuran pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun. Dan kombinasi terbaik dihasilkan dari perlakuan kontrol (pupuk NPK) pada media tanam tanah Regosol Media tanam tanah Regosol dan Latosol menghasilkan pertumbuhan dari hasil sawi hijau yang sama. Pemberian POC berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi namun tidak lebih baik dibanding kontrol ( pupuk NPK).

Kata kunci : POC limbah sayuran, tanah Regosol, tanah Latosol, Sawi hijau

LOADING LIST...
rahmatdwijayanto57@gmil.com
Ir. Neny Andayani - Personal Name
Rahmat Dwi Jayanto - Personal Name
Tantri Swandari,S.Si., M.Sc. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...