Ir. Neny Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN ZPT ALAMI DAN NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN Turnera subulata


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh alami dan penggunaan naungan terhadap pertumbuhan Turnera subulata. Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Maret 2020 sampai 23 Mei 2020 di Sungai Kikim Estate yang merupakan salah satu perkebunan kelapa sawit milik PT. Sawit Mas Sejahtera di Sumatera Selatan.
Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan petak terbagi (split plot) dalam rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu naungan sebagai petak utama (main plot) yang terdiri dari dua aras, yaitu tanpa naungan dan dengan naungan. Kemudian faktor kedua yaitu pemberian zat pengatur tumbuh sebagai anak petak (sub plot) yang terdiri dari empat aras, yaitu tanpa pembarian zat pengatur tumbuh, pemberian zat pengatur tumbuh Rootone-F, pemberian zat pengatur tumbuh ekstrak bawang merah, dan pemberian zat pengatur tumbuh ekstrak tauge.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara pemberian zat pengatur tumbuh alami dan penggunaan naungan terhadap jumlah daun, perlakuan terbaik dengan menggunakan Rootone F dengan tanpa naungan. Perlakuan naungan berpengaruh terhadap pertumbuhan Turnera subulata, perlakuan yang tidak diberi naungan lebih baik dibandingkan dengan yang diberi naungan. Pemberian zat pengatur tumbuh alami tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan Turnera subulata. Perlakuan naungan dan pemberian zat pengatur tumbuh alami tidak berpengaruh nyata terhadap stek hidup.
LOADING LIST...
rafiyanuarr99@gmail.com
Ir. Neny Andayani, MP (P) - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryanti, MP - Personal Name
Rafi Yanuar Ramadhan - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...