Titin Setyorini, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH HORMON AUKSIN, SITOKININ, GIBERELIN DAN PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT ANGGREK (Dendrobium sylvanum) PADA TAHAPAN AKLIMATISASI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hormon auksin, sitokinin, giberelin dan paclobutrazol pada beberapa konsentrasi terhadap pertumbuhan bibit anggrek (Dendrobium sylvanum) pada tahapan aklimatisasi. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun KP2 INSTIPER, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta pada bulan Februari – Mei 2020.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam RAL (Rancangan Acak Lengkap). Faktor pertama jenis hormon yang terdiri dari 4 aras yaitu H1 : Auksin, H2 : Sitokinin, H3 : Giberelin dan H4 : Paclobutrazol. Faktor kedua konsentrasi hormon yang terdiri dari 4 aras yaitu D1: 0 ppm, D2 : 2,5 ppm, D3 : 5 ppm dan D4 : 7,5 ppm. Dari kedua perlakuan di atas diperoleh 4x4 kombinasi perlakuan. Masing-masing kombinasi perlakuan memiliki 3 ulangan sehingga diperoleh 48 unit percobaan masing – masing menggunakan 3 tanaman dengan total tanaman berjumlah 144. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (analisis of variance) taraf nyata 5%. Jika faktor perlakuan menunjukan beda nyata maka dilakukan uji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara jenis hormon dengan konsentrasi hormon terhadap parameter penambahan bibit, lebar daun, penambahan panjang daun, berat segar bibit, jumlah akar bibit dan panjang akar bibit. Hormon giberelin memberikan pengaruh terbaik hampir di semua parameter lainnya pada pertumbuhan bibit anggrek D. sylvanum. Hormon giberelin dengan konsentrasi 7,5 ppm memberikan pengaruh terbaik pada pertumbuhan bibit anggrek D. sylvanum.

Kata kunci : Anggrek, Dendrobium sylvanum, Auksin, Sitokinin, Giberelin, Paclobutrazol dan Konsentrasi.

LOADING LIST...
abidfaishal10@gmail.com
Titin Setyorini, SP., M.Sc. - Personal Name
Tantri Swandari, S.Si., M.Sc. - Personal Name
Abid Faishal - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...