Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI EVALUASI SERANGAN HAMA DI ARBORETUM KEHUTANAN INSTIPER


Salah satu aspek yang menyebabkan menurunnya produktifitas kayu hutan disebabkan oleh adanya serangan hama yang menyebabkan pertumbuhan pohon menjadi terhambat. Seberapa jauh serangan hama pada tanaman hutan yang ditanam di Arboretum Fakultas Kehutanan INSTIPER, perlu diketahui.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui jenis-jenis hama, intensitas serangaan hama, dantingkat serangan hama pada tanaman di Arboretum Fakultas Kehutanan INSTIPER.
Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan purposive sampling dengan pengamatan langsung dilapangan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini meliputi jenis pohon, jenis hama, intensitas serangan dan persentase kerusakan untuk mencari tingkat serangan.
Hasil penelitian pada tanaman hutan di Arboretum Fakultas Kehutanan INSTIPERmenunjukan ada 32jenis pohon yang terserang hama. Jenis hama yang menyerang ada 9 hama yaitu Semut merah, Semut hitam, Belalang, Kutu putih, Kutu hitam, Kumbang, Ulat kantong, Rayap, dan Kepik. Intensitas serangan hama sebesar 96,88 %. Tingkat serangan secara total pada cabang sebesar 14,8 % dengan kategori ringan dan pada daun sebesar 44,4 % dengan kategori sedang.

Kata kunci: Hama, Arboretum.

LOADING LIST...
amrydjami@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
AMRI WAHYUDI PENA DJAMI - Personal Name
NONE
Text
INSTIER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...