Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam dan Ketebalan Mulsa Terhadap Pertumbuhan Gulma dan Bibit Kelapa Sawit Pre Nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi serta pengaruh macam mulsa dan ketebalan mulsa terhadap pertumbuhan gulma dan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pertanian yang terletak di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang terdiri dari dua faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah macam mulsa (M) yang terdiri dari tiga aras yaitu : jerami padi (M1), tandan kosong kelapa sawit (M2), serbuk gergaji (M3). Faktor kedua adalah ketebalan mulsa (K) yang terdiri dari empat aras yaitu : ketebalan 0 cm (K0), ketebalan 3 cm (K1), ketebalan 4 cm (K2), ketebalan 5 cm (K3). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan diulang sebanyak 3 ulangan, Setiap ulangan menggunakan 2 sample bibit sehingga bibit yang dibutuhkan dalam penelitian ini 12 × 3 × 2 = 72 bibit. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan Analysis Of Variance (sidik ragam), apabila terdapat beda nyata maka dilakukan uji perlakuan (statistik) dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara macam mulsa dan ketebalan mulsa pada panjang akar, diameter batang, berat segar tanaman, berat kering tanaman, berat segar akar, dan berat kering gulma. Macam mulsa tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan gulma dan bibit kelapa sawit di pre nursery. Ketebalan mulsa memberikan pengaruh terhadap berat kering tanaman dan berat kering gulma.
Kata Kunci : mulsa organik, ketebalan mulsa, bibit kelapa sawit, gulma, pertumbuhan, pre nursery


LOADING LIST...
wahyutarigans@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...