Ir. Samsuri Tarmadja, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Komunitas gulma pada perkebunan karet (havea brassiliensis) pada lahan berbukit dan lahan datar


Penelitian dilaksanakan di Perkebunan karet di lahan masyarakat, Kecamatan Dolok merawan, Kabupaten serdang bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komposisi gulma yang tumbuh di perkebunan Karet pada lahan mendatar dan lahan berbukit; mengetahui jenis gulma yang tumbuh dominan di perkebunan karet dilahan mendatar dan lahan berbukit; dan mengetahui keseragaman komunitas gulma antara lahan mendatar dan lahan berbukit pada perkebunan karet saran pengendaliam yang tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan melakukan survei dan pengamatan terhadap jenis-jenis gulma yang tumbuh di perkebunan karet TM pada pada lahan berbukit dan pada lahan berbukit datar. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat.
Hasil analisis menunjukkan bahwa komposisi gulma pada lahan berbukit area lebih banyak dibandingkan pada lahan datar area . Berdasarkan daur hidup pada lahan berbukit jenis gulma yang tumbuh dominan adalah jenis gulma tahunan dan pada lahan datar jenis gulma tahunan tumbuh dominan. Berdasarkan morfologi pada lahan berbukit jenis gulma daun lebar dominan. Komunitas gulma antara pada lahan datar dan pada lahan berbukit tidak seragam dengan nilai sebesar 18,94%.

Kata kunci: Gulma, Lahan Datar, Lahan Berbukit, dan TM

LOADING LIST...
muhammadirfandi25@yahoo.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...