Dwi Bagus Perdana Putra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Pupuk Dan Frekuensi Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Mucuna bracteata


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata.Penelitian dilakukan di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Pada bulan April sampai Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan percobaan dengan rancangan petak terbagi ( Spit Plot ) disusun dalam rancangan RCBD. Penelitian ini terdiri dari 2 faktor, faktor pertama adalah frekuensi penyiraman sebagai petak utama yang terdiri dari 3 macam yaitu : penyiraman air 2 kali 1 hari, 1 kali 1 hari dan 2 kali 1 hari. Faktor kedua : macam pupuk sebagai anak petak dengan 3 macam yaitu : pupuk N, pupuk P dan Kontrol. Dari kedua faktor tersebut di peroleh 9 kombinasi perlakuan, dan masing-masing diulangan sebanyak 5 kali, maka di peroleh 45 satuan pembibitan. Data penyajian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%. Bila beda nyata dilanjutkan uji berganda duncan (Duncan New Multiple Range Test) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara macam pupuk dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata. Macam pupuk menghasilkan pertumbuhan Mucuna bracteata yang sama. Tanpa pupuk sama baiknya dengan pupuk N dan P. Frekuensi penyiraman memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata. Frekuensi penyiraman 1 x 2 hari lebih efisien.

LOADING LIST...
bagus.bg38@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
LOADING LIST...