Ir. Ni Made Titiaryanti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PUPUK KANDANG DAN KAPUR PERTANIAN PADA TANAH MASAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian tujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang dan kapur pertanian terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilakukan di Dusun Ngasem Desa Selomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret sampai bulan Juni 2020.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dengan rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang (vol%) yang terdiri dari 5 aras yaitu 50%, 33%, 25%, 20%, dan 16%. Faktor yang kedua adalah macam kapur pertanian yang terdiri dari 2 macam yaitu dolomite dan zeolite. Data hasil pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analysis of variance ( annova ) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang dosis 16% sudah mampu memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk kandang dosis 50% menghasilkan pengaruh yang lebih rendah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian dolomite dan zeolite sebagai bahan pembenah tanah masam memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk kandang memberikan pengaruh yang sama dengan pemberian 0,4g pupuk NPK dan 0,4g pupuk Urea terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : Dosis pupuk kandang, dolomite, zeolite, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
djatihap@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...