Hangger Gahara Mawandha, SP., M. Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI ALELOPATI DARI BERBAGAI JENIS GULMA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SAWI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zat alelopat dalam ekstrak Ageratum conyzoides dan Imperata cylindrica terhadap pertumbuhan dan produksi Sawi Untuk mengetahui jenis gulma yang paling berpengaruh terhadap produksi Sawi .Untuk mengetahui konsentrasi ekstrak yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil Sawi.
Pada penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan dua faktor. Faktor yang pertama yaitu Jenis gulma yang terdiri dari 2 aras : G0: Alang-alang (Imperata cylindrica l ) G1: Gulma bandotan (Ageratum conyzoides ) G2: Tekian ( Cyperus rotundus ). Faktor yang kedua yaitu konsentrasi ekstrak yang terdiri dari 3 aras: KO: Kontrol, K1: Konsentrasi 25%, dan K2: Konsentrasi 50%. K3: Konsentrasi 75%. Pemberian ekstrak dilakukan sebanyak dua kali. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam Analysis of Variance atau (ANOVA) dengan jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata dilakukan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada parameter tinggi tanaman (cm) jumlah daun (helai) berat kering tanaman (gram) berat segar akar (gram) berat kering akar (gram) panjang akar (cm) tanaman yang diberikan ekstrak memiliki hasil yang lebih rendah daripada tanaman yang sama sekali tidak diberikan ekstrak gulma meskipun tidak berbeda nyata, sedangkan pada luas daun (cm2) berat segar tanaman (gram) Volume akar (ml) terdapat beda nyata.

Kata kunci: Imperata cylindrica l, Ageratum conyzoides, Cyperus rotundus,Sawi

LOADING LIST...
asharmahardika11@gmail.com
Hangger Gahara Mawandha, SP., M. Sc - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP - Personal Name
Ashar Mahardika - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...