Ir. Neny Andayani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PADA TANAH REGOSOL


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil tanaman sawi pada setiap penggunaan berbagai jenis pupuk kendang. Penelitian dilakukan di Bangunrejo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Februari hingga Maret 2020.
Rancangan penelitian menggunakan percobaan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor yaitu komposisi kompos dan perbandingan tanah. Pada masing-masing faktor terdapat faktor I yaitu pupuk kandang dengan perbedaan jenis hewan ternak (Sapi, Domba, Ayam) dan faktor II yaitu perbandingan tanah dengan pupuk yang memiliki 4 aras (Kontrol/tanpa pupuk, 30% tanah : 70% pupuk, 50% tanah : 50% pupuk, 70% tanah : 30% pupuk ) dengan total 9 perlakuan tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali dengan cadangan masing-masing 1 kali sehingga total sebanyak 72 sampel tanaman.
HasilHpenelitian menunjukkan bahwaHterjadi interaksiHantara jenis pupukHdengan perbandingan pupuk pada parameter tinggi tanaman dan berat segar tanaman. Pada parameter tinggi tanaman menghasilkan hasil terbaik pada jenis pupuk sapi dengan perbandingan pupuk 50% : 50%. Pada berat segar tanaman menghasilkan hasil terbaik pada jenis pupuk sapi dengan perbandingan 70% : 30%
Kata kunci : tanaman sawi, jenis pupuk, perbandingan pupuk, pupuk kandang.
LOADING LIST...
zulfikrihilmi@gmail.com
Ir. Neny Andayani, MP - Personal Name
Ir.Enny rahayu, MP - Personal Name
Zulfikri Fakhrul Hilmi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...