Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI MACAM JENIS PUPUK KANDANG DAN FREKUENSI PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSIA JUCEA L)


Penelitian dengan untuk mengetahui jenis pupuk kandang yang tepat bagi pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Mengetahui frekuensi penyiangan gulma yang tepat agar dicapai pertumbuhan tanaman sawi yang baik. Penelitian dilaksanakan di kebun yang terletak di Desa Sanggrahan Rt01/Rw01, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Yang berlangsung pada 25 Oktober 2018 sampai 25 November 2018.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode rangcangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan randomized completely blok desigin (RCBD). Factor pertama adalah jenis pupuk kandang (P) terdiri dari 3 aras yaitu : Pupuk Kandang Sapi (P1), Pupuk Kandang Kambing (P2), Pupuk NPK (P3). Factor yang kedua adalah frekuensi penyiangan gulma (F) yang terdiri dari 4 aras yaitu : Frekuensi penyiangan (7 hari setelah tanam) (F1), Frekuensi penyiangan (7 hari, 14 hari setelah tanam) (F2), Frekuensi penyiangan (7 hari,14 hari,21 hari setelah tanam) (F3), Frekuensi penyiangan (7 hari,14 hari, 21 hari, 28 hari setelah tanam) (F4). Sehingga diperoleh 3 x 4 = 12 kombinasi. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Bilamana terjadi bedanyata perlakuan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncun’s Multiple Range Test) pada jenjang 5%. Bilamana terjadi interaksi atau bedanyata dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncun’s Multiple Range Test) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian pengaruh jenis pupuk dan frekuensi penyiangan terhadap panjang daun tanaman sawi menunjukan tidak terjadi interaksi nyata antara jenis pupuk kandang dan frekuensi penyiangan terhadap panjang daun. Perbedaan jenis pupuk kandang tidak berpengaruh nyata, tetapi frekuensi penyiangan memberikan pengaruh nyata pada panjang daun.

Kata kunci : Tanaman Sawi (Brassia jucea L.), Pupuk kandang dan Frekuensi penyiangan.

LOADING LIST...
mujiburahman1995@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
HANGGER GAHARA MAWANDHA, SP., M.Sc. - Personal Name
MUJI BURAHMAN - Personal Name
081337510805
NONE
Text
INSTPER
2020
Yogyajarta
LOADING LIST...