Dr. Dra Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Bahan Organik dan Komposisi Bahan Organik Sebagai Media Tumbuh


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam bahan organik, pengaruh komposisi bahan organik sebagai media tanam, serta interaksi penggunaan macam bahan organik dan komposisi bahan organik terhadap pertumbuhan awal bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2020, di perkebunan kelapa sawit milik PT. Sinar Kencana Inti Perkasa, Perkebunan Sungai Kupang yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas yang terletak di Desa Sangking Baru, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam bahan organik, yang terdiri dari 3 aras, yaitu Tandan Kosong, Pueraria javanica, dan Chromolaena odorata. Faktor kedua adalah perbandingan berat volume bahan organik yang digunakan sebagai campuran media tanam yang terdiri 4 aras, yakni media tanah dan bahan organik dengan perbandingan 2:1, 1:1, 1:2 dan 1:3. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan, setiap perlakuan terdiri dari 2 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 tanaman sampel. Sehingga jumlah tanaman yang diperlukan 12 x 2 x 3 = 72 tanaman.
Hasil pengamatan menunjukkan adanya interaksi nyata pada kombinasi perlakuan bahan organik dan komposisi media tanam di beberapa parameter pengamatan, yakni pada panjang akar, berat segar akar, berat kering akar, berat segar bibit, dan berat kering bibit dengan perlakuan terbaik yakni kombinasi bahan organik jenis tandan kosong dengan komposisi media tanam 1:3.

Kata kunci : Macam bahan organik, Komposisi media tanam, Pembibitan Awal

LOADING LIST...
LugazD@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...