Ir. Samsuri Tarmadja, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Dan NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery


Penelitian bertujuan untuk mendapatkan kombinasi pupuk kandang dan NPK yang tepat terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di pre nursery. Mengetahui pupuk kandang terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di pre nursery. Mengetahui dosis NPK terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 04 Mei hingga 27 Juli 2020 yang bertempat di Desa Bahung Sibatu-batu, Kecamatan Sei dadap, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang terdiri dari dua faktor dan disusun dalam Rancangan Acak lengkap (RAL) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang sapi yang terdiri dari 4 aras, yaitu pupuk kandang sapi Dosis 0 Kg/Tanaman, Dosis 0,25 Kg/Tanaman, Dosis 0,50 Kg/Tanaman, dan Dosis 0,75 Kg/Tanaman . Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 aras, yaitu 2 gram/tanaman, 4 gram/tanaman, dan 6 gram/tanaman, sehingga diperoleh 3 x 4 = 12 kombinasi perlakuan dan masing masing perlakuan dilakukan 3 ulangan. Setiap ulangan digunakan 2 tanaman, sehingga jumlah tanaman yang digunakan untuk penelitian sebanyak 12 x 3 x 2 = 72 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara dosis pupuk kandang dan NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pupuk kandang tidak efektif dijadikan media tanam untuk memperbaiki struktur tanah dalam meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis pupuk NPK tidak berbeda nyata pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery
Kata kunci : Pupuk kandang sapi, pertumbuhan, kelapa sawit, pre nursery.
LOADING LIST...
fabiyanislamimechta@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP. - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Fabiyan Islami Mechta - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...