Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Polinasi Buatan Terhadap Fruit Set Buah Kelapa Sawit DiBeberapa Lahan Pemupukan Di Lampung


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyerbukan buatan dan penyerbukan alami terhadap fruit set pada beberapa lahan aplikasi pemupukan. Penelitian ini dilaksanakan di Perkebunan Kelapa Sawit PT SMART tbk tepatnya berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung, mulai bulan September 2019 hingga Maret 2020.
Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) / Completely Rendomized Disign (CRD), terdiri atas dua faktor. Faktor pertama polinasi meliputi dua acara, yaitu polinasi dengan bantuan manusia dan penyerbukan tanpa bantuan manusia. Faktor kedua, perlakuan pemupukan pada 3 lahan yang berbeda yaitu pemupukan normal, aplikasi pemupukan janjang kosong, dan aplikasi pemupukan LCPKS. Masing-masing kombinasi terdiri dari 3 ulangan, sehingga dibutuhkan 2x3x3 = 18 unit. Parameter yang diamati berupa fruit set, jumlah berondol, dan jumlah berondol parthenocarpy. Data dianalisis menggunakan one way anova kemudian dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan jenjang beda nyata 5%.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Interaksi antara assisted polination dengan semua lahan pemupukan menunjukan rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan non-Assisted polination pada semua lahan aplikasi pemupukan. Kombinasi perlakuan yang paling baik untuk meningkatkan fruit set yaitu Perlakuan assisted polination pada lahan pemupukan janjangan kosong.

LOADING LIST...
Alfinkhoeri76@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P) - Personal Name
Idum Satia Santi, SP., MP - Personal Name
Alfin Khoeri - Personal Name
NONE
Text
INSIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...