Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM AUKSIN ORGANIK DAN DOSIS PUPUK ORGANIK KOTORAN KELELAWAR (GUANO) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSI JACQ) DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh auksin organik dan pupuk guano pada pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di kebun pendidikan dan penelitian Kali Kuning Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Maguwoharjo, Depok Sleman, Yogyakarta pada tanggal 14 Februari 2019 sampai dengan 12 Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah Pupuk Organik (GUANO) yang terdiri dari 4 aras , yaitu G0 = kontrol (tanpa pupuk), G1 = Pupuk Guano 100g, G2 = Pupuk Guano 200g, dan G3 = Pupuk Guano 300g . Faktor kedua adalah Auksin organik yang terdiri 3 aras, yaitu T = Tomat, TG = Touge, BM = Bawang merah. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of variance (sidik ragam), apabila signifikan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan New Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak ada interaksi nyata antara media tanam pupuk organik (guano) dan auksin organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pada media tanam campuran pupuk organik (guano) menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih baik daripada media tanam dengan tanpa campuran pupuk organik (guano)
Kata kunci : kelapa sawit, auksin organik, pupuk organik (guano)

LOADING LIST...
rezamuhammad743@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...