Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Kotoran Sapi Pada Jenis Tanah Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui interaksi pertumbuhan dengan pemberian pupuk kandang kotoran sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah akan dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 mdpl pada bulan Maret sampai Mei 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam dosis kotoran sapi yang terdiri dari 5 aras yaitu k=NPK, P1=10g, P2=50g, P3=100g, P4=200g. Sedangkan faktor kedua macam komposisi tanah yang terdiri dari 3 macam yaitu pasir (regosol), lempung (grumusol), pasir+lempung dengan demikian diperoleh 15 kombinasi perlakuan, yang masing masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi nyata antara jenis tanah dan kotoran sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery interaksi terjadi pada parameter diameter batang. Kombinasi perlakuan yang baik pada diameter batang kelapa sawit adalah apabila media tanahnya pasir maka pupuk kandang sapi dengan dosis 50g, apabila media tanam lempung maka yang baik adalah pupuk kandang kotoran sapi dengan dosis 100g, dan apa bila media tanam tanah pasir + tanah lempung yang baik ada dosis pupuk kandang sapi dengan dosis 100g.

LOADING LIST...
caturpamungkas2727@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Dian Pratama Putra, SP. M.Sc - Personal Name
Catur Pamungkas - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...