Idum Satya Santi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MENGKAJI HUBUNGAN ANTARA CURAH HUJAN DENGAN SUBSIDENCE (PENURUNAN MUKA TANAH) GAMBUT DI PT. BUMITAMA GUNAJAYA AGRO, PUNDU, KALIMANTAN TENGAH


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis curah hujan, sampai sejauh mana curah hujan mempengaruhi penurunan muka tanah (soil subsidence) pada lahan gambut di PT. Bumitama Gunajaya Agro, Pundu, Kalimantan Tengah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yang terdiri atas dua tahap yaitu survey pendahuluan dan survey utama. Survey pendahuluan dilakukan untuk menentukan lokasi penelitian sedangkan survey uatama dilakukan untuk mendapatkan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan Regresi untuk melihat bagaimana curah hujn mempengaruhi penurunan muka tanah di lahan gambut, yi dengan Regresi Lag 1, lag 2, dan lag 3. Regresi Lag 1 adalah hubungan antara curah hujan tahun lalu dan penurunan muka tanah tahun ini. Lag 2 adalah hubungan antara curah hujan 2 tahun yang lalu dengan penurunan muka tanah di lahan gambut tahun ini, sedang Lag 3 adalah hubungan antara curah hujan 3 tahun yang lalu dengan penurunan muka tanah di lahan gambut tahun ini. Selain itu juga dibuat grafik curah hujan bulanan dalam kurun waktu 2014 – 2018, untuk melihat pola curah hujan di lokasi penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola curah hujan di PT Bumitama Gunajaya Agro Pundu, Kalimantan Tengah, adalah pola Ekuatorial yaitu mempunyai dua puncak hujan yang jatuh pada sekitar bulan April dan November. Hasil analisis regresi antara curah hujan dengan penurunan muka tanah (soil subsidence) pada lahan gambut yang terbaik adalah Regresi Linier Lag 1. Artinya curah hujan bulan lalu berpengaruh terhadap subsidence bulan ini. dengan persamaan, Y = - 0,004 X + 1,209, dengan R² = 0,582. Persamaan ini diperoleh dari korelasi antara X adalah rata-rata curah hujan dari tahun 2015-2018 dan Y adalah penurunan muka tanah juga dari tahun 2015-2018 (soil subsidence).
Kata kunci : Subsidence, Curah Hujan, Tanah Gambut, Kelapa Sawit

LOADING LIST...
chandraharahap2332@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...