JEFRY ALEXMUNARDY TURNIP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH FREKUENSI PENYIRAMAN DAN PEMBERIAN BERBAGAI MACAM PUPUK P TERHADAP PERTUMBUHAN TURNERA SUBULATA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi penyiraman serta pemberian berbagai macam pupuk P dan interaksi nya terhadap pertumbuhan tanaman Turnera subulata, yang telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta, Maguwoharjo, Depok, Sleman, di Yogyakarta (DIY). Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Ancak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah macam pupuk P yang terdiri dari empat aras, yaitu kontrol (tanpa pupuk), pupuk TSP, pupuk SP-36, dan pupuk RP. Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari tiga aras yaitu : 1 x sehari, 2 x sehari, 1 x dua hari. Data dianalisis menggunakan sidik ragam Completely Randomized Design (CRD), apabila ada pengaruh pada perlakuan dilakukan uji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara perlakuan pemberian berbagai macam pupuk P dengan frekuensi penyiraman. Aplikasi pupuk TSP memberikan pengaruh yang paling baik dibandingkan pupuk SP-36, RP dan kontrol terhadap pertumbuhan tanaman Turnera subulata. Frekuensi penyiraman dua kali sehari memberikan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan pupuk SP-36, RP dan kontrol terhadap pertumbuhan tanaman Turnera subulata.

.

Kata kunci : PUPUK P, frekuensi penyiraman, Turnera subulata.


LOADING LIST...
alexjefri96@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...