Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN ZAT PEMACU PERAKARAN DAN DOSIS PUPUK MAJEMUK NPK 20-15-15 TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat peamcu perakaran dan dosis pupuk majemuk NPK 20-15-15 terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Telah dilaksanakan pada 10 Maret sampai 10 Juli 2019 di Kali Kuning KP2 INSTIPER, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunkan percobaan factorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah pemberian zat pemacu perakaran yang terdiri dari 4 aras yaitu tanpa perlakuan, 25 ppm, 50 ppm dan 75 ppm. Faktor kedua adalah dosis pupuk majemuk NPK 20-15-15 terdiri dari 4 aras yaitu tanpa perlakuan, 5g/l, 7g/l dan 10g/l. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 4x4 = 16 kombinasi perlakuan dan masing-masing sebanyak 4 kali ulangan sehingga jumlah keseluruhannya = 64 tanaman. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) pada jenjang 5%. Apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara pemberian zat pemacu perakaran dan dosis pupuk majemuk NPK 20-15-15 pada beberapa parameter terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Adapun parameter yang berinterkasi ialah parameter jumlah daun, jumlah akar dan berat segar akar.
LOADING LIST...
aliakbarsitorus@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...