Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL PENYEMPROTAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH SUSU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI


Penelitian ini dilaksanakan pada Februari 2020 sampai Mei 2020 di Desa Wukirsari, Cangkringan, Selorejo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh konsentrasi POC limbah susu terhadap pertumbuhan dan hasil padi, (2) pengaruh interval penyemprotan POC limbah susu terhadap pertumbuhan dan hasil padi, dan (3) ada tidaknya interaksi antara konsentrasi pupuk organik limbah susu dengan interval penyemprotan terhadap pertumbuhan dan hasil padi.
Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen di lapangan yang disusun dalam rancangan petak terbagi (Split Plot Design) yang terdiri dari tiga ulangan dengan ukuran 4,7 m x 2,4 m. Interval pemberian pupuk organik cair (I) sebagai sub plot dari 3 aras yaitu: I1 = Dua minggu sekali dan I2 = Empat minggu sekali. Konsentrasi Limbah susu sebagai main plot berupa pupuk cair yaitu: K1 = 100 ml, K2 = 250 ml, dan K3 = NPK sebagai pembanding. Dari rancangan percobaan tersebut diperoleh 5 kombinasi perlakuan masing masing kombinasi diulang 3 kali sehingga jumlah keseluruhan satuan percobaan adalah (5x3) =15 petak dan petak NPK sebagai satuan percobaan. Teknik analisis data menggunakan sidik ragam, untuk mengetahui perlakuan yang berbeda dilakukan uji jarak berganda Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang α = 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi dan interval penyemprotan POC limbah susu tidak ada pengaruh dan tidak ada interaksi pada kedua perlakuan terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan maksimum, jumlah anakan produktif/malai, Jumlah Gabah Per Malai, persen gabah hampa, Berat 1000 Gabah, Berat Gabah Per Petak, Bobot Segar Tajuk, Bobot Segar Akar, Bobot Kering Tajuk, Bobot Kering Akar.

LOADING LIST...
mohhilmialaz@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...