Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Produktivitas Padi Sawah di Kabupaten Sleman,DIY


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji produktivitas padi sawah di Kabupaten Sleman dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2019 di Kabupaten Sleman, DIY
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari dua data yaitu data cross section dan data time series. Data cross section yang digunakanberasal dari 3 kecamatan di Kabupaten Sleman.Data time series yang digunakan adalah data tahunan dan data bulanan yang diperoleh dari 10 tahun terakhir terhitung dari tahun 2008 hingga 2017. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda dan uji one sampel t-test.
Hasil penelitan menunjukan bahwa di Kecamatan Seyegan, Kecamatan Gamping, Kecamatan Godean memiliki perbedaan produktivitas padi sawah yang berbeda. Penerapan varietas unggul baru yang sesuai dengan agroekologi dapat meningkatkan produktivitas padi, Teknik pengairan/irigasi yang baik dapat meningkatkan produktivitas tanaman padi. Penggunaan pupuk yang baik dalam pemupukan padi sawah dapat meningkatkan produksi padi sawah. Penanganan opt yang tepat dapat meningkatkan produktiivtas padi.

Kata kunci: Lumbung Padi, Varietas, Pengairan/irigasi, Pupuk, Opt
LOADING LIST...
ciptapurba30@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...