Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Umur Bibit dan Cara Penggenangan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur bibit dan cara penggenangan serta interaksinya terhadap pertumbuhan tanaman padi . Penelitian ini dilakukan di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY pada bulan Januari sampai dengan Mei 2020.
Penelitian dilakukan menggunakan metode percobaan dengan pola faktorial yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 2 faktorial. Faktor 1, Umur bibit tanaman padi terdiri dari 3 macam yaitu : 10 HSS, 21 HSS, 30 HSS. Faktor 2, Penggenangan terdiri dari 3 macam yaitu : Macak-macak, sistem genangan 5 cm, Terputus. Dilakukan pengulangan setiap aras sebanyak 4 kali. Maka diperoleh 3x3x4 = 36 kombinasi tanaman. Analisis data menggunakan sidik ragam (Analisys of variance) pada taraf α 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara perlakuan umur bibit dan cara penggenangan pada pertumbuhan tanaman padi. Perlakuan umur bibit 21 hari memberikan pengaruh terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah anakan, berat segar tajuk, berat kering tajuk, dan berat kering akar. Perlakuan cara penggenangan macak-macak memberikan pengaruh terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah anakan, dan jumlah malai.

Kata kunci : Padi, Umur Bibit, dan Cara Penggenangan
LOADING LIST...
boazilius@gmail.com
Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP (P) - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryanti, MP - Personal Name
Boazilius - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...